Rabu, 12 Januari 2011

karang taruna di perumahan bkkbn.

KARANG TARUNA DI PERUMAHAN BKKBN.

Pendahuluan.

Saya sengaja mengambil tema karang taruna, karena di daerah rumah saya, karang taruna merupakan kegiatan yang paling aktif, sebenarnya banyak sih kegitan yang aktif, termasuk ibu-ibu pengajian at-taqwa , DKM masjid at-taqwa yang dikelola oleh bapak-bapak. Namun Saya lebih tertarik untuk mengetahui latar belakang dan sejarah karang taruna, kemudian kegitan mereka, dan penghargaan yang mereka raih hingga saat ini. Dibawah ini latar belakang dan sejarah karang taruna.


(A). Latar belakang dan Sejarah karang Taruna.

Awalnya karang taruna berdiri pada tanggal 01-agustus-2004, dan pada saat itu karang taruna di-ketuai oleh Hijrah Saputra. Kemudian mereka memberi nama “KARTU RETAK”, yang artinya adalah KARANG TARUNA MASJID AT-TAQWA. kegitan mereka mengaji dan ceramah setiap pertemuan, tidak ada acara ataupun event tertentu. Pada saat itu karang taruna belum begitu aktif dalam berorganisasi. Biasanya mereka berkumpul di masjid, untuk membicarakan kegiatan keagamaan.

Namun seiring berjalanya waktu, mereka memutuskan untuk berhenti dari kegitan karang taruna. Karena kegitan mereka masing-masing yang semakin sibuk. Dan masa jabatan mereka dari tahun 2004 - 2006. sedangkan pada tahun 2007, benar-benar tidak ada kegitan karang taruna lagi atau vakum .

Kemudian lahirlah karang taruna cadas pada tanggal 02-agustus-2008, mereka sepakat memberi nama “KARANG TARUNA CADAS”, biasanya mereka sering berkumpul di posyandu. Karang taruna itu sendiri dikelola oleh BP. Mujiono, dan di-Ketuai oleh Maulana Iqbal Firdaus (iqbal). Semenjak iqbal yang memimpin karang taruna menjadi aktif kembali, dengan berbagai kegiatan dan event. masa jabatan karang taruna 2008 – sekarang .

(B). Kegiatan.

-Tanggal 17-agustus, karang taruna mengadakan perlombaan setiap tahunnya.

-Pada saat bulan puasa, karang taruna sering mengadakan pengajian dan ceramah disetiap 2 hari se-1 setiap pertemuan.

-Buka puasa bareng dan saur on the road di jalanan .

-Tahun kemarin waktu tanggul situ gintung jebol, karang taruna mengumpulkan sumbangan kepada para bencana, baik uang, obat-obatan , sandang dan pangan.

-Kerja bakti di posyandu selama seminggu sekali.

-Olahraga dan senam pagi selama seminggu sekali.

-Mengadakan pertemuan setiap 3 minggu sekali, membahas masalah kegiatan selanjutnya.

-Touring bareng setiap dua tahun sekali.

-Datang ke tempat-tempat seperti anak jalanan, TPU bantar gerbang

(C). Achievement

Penghargaan yang kami raih sampai saat ini adalah,

-Pada tanggal 07 – Februari - 2009, karang taruna mengikuti gerak jalan sehat di kelurahan secara serempak, alhamdulillah menang juara 1 dan juga menang sebagai kostum terbaik, kelompok terbaik dari 20 karang taruna yang mengikuti gerak jalan sehat . Hadiahnya RP 500.000 + Piala + Piagam.

-Tanggal 1 – April – 2009 salah satu event produk obat menawarkan kerja samanya dalam mempromokan produk mereka secara besar – besaran dan event tersebut sangat sukses. Sebagai hadiahnya karang taruna di beri uang sebesar RP 1.500.000

-Tanggal 6 – juni -2010 karang taruna memenangkan sebuah perlombaan kebersihan dan kreatifitas antar karang taruna se- kecamatan . Juara 2, dari 22 karang taruna yang mengikuti perlombaan tersebut . sebagai hadiahnya RP 300.00 + piagam.

-Tanggal 31 – agustus – 2010 di kecamatan sedang mengadakan acara lomba nuzulul qur’an, dimana dari masing – masing karang taruna mewakili untuk mengikuti lomba ceramah dan baca al-quran, karang taruna juara 2, hadiahnya RP 300.000 + piagam .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar