Kamis, 03 Juni 2010

alergi

kata "alergi" pertama kali diperkenalkan pada tahun 1906 oleh "Clemens von Pirquet", seorang dokter anak di Wina - Austria. kata "alergi" pertama kali berasal dari kata dalam bahasa yunani "allos" (artinya : yang lain) dan " ergon" (artinya "pekerjaan").

Dalam istilah kedokteran, ada dua tipe reaksi alegi ini, yaitualergi tipe cepat dan alergi tipe lambat. alergi tipe cepat biasanya karena faktor genetik atau immunoglobulin E pada penderita sudah tinggi, jadi karena itulah si penderita harus menghindari allergen yang bisa memicu alerginya secara total. soalnya alergi tipe ini
bisa menyebabkan beberapa gejal elergi yang bisa membahayakan, salah satunya disebut dengan shok anafiliktik. shok ini bisa berkembang dalam hitungan datik, dan bisa menyebabkan penderita kehilangan kesadaran atau bahkan kematian bila nggak segera diatasi.

sedangkan alergi tipe lambat atau seluler disebabkan penderita sering mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja tanpa mengubahnya, akhirnya sel-sel dalam tubuh menangkap jenis makanan itu saja kadar imunoglobulin G-nya tingi terhadap makanan tertentu.

1 komentar: