Selasa, 13 April 2010

Pengertian Disleksia

Pengertian Disleksia

Disleksia adalah penurunan kemampuan otak untuk menerjemahkan gambar tertulis yang diterima dari mata ke dalam bahasa yang bermakna. Disleksia adalah ketidakmampuan belajar yang paling umum pada anak-anak.

Disleksia biasanya terjadi pada anak-anak dengan penglihatan normal dan kecerdasan normal. Anak-anak dengan disleksia biasanya memiliki ujaran normal, tetapi mungkin mengalami kesulitan menafsirkan bahasa lisan dan menulis.
Disleksia ditandai dengan adanya kesulitan membaca pada anak maupun dewasa yang seharusnya menunjukkan kemampuan dan motivasi untuk membaca secara fasih dan akurat.

Disleksia merupakan salah satu masalah tersering yang terjadi pada anak dan dewasa. angka kejadian di dunia berkisar 5-17% pada anak usia sekolah. Disleksia adalah gangguan yang paling sering terjadi pada masalah belajar. Kurang lebih 80% penderita gangguan belajar mengalami disleksia.
Angka kejadian disleksia lebih tinggi pada anak laki-laki dibandingkan dengan perempuan yaitu berkisar 2:1 sampai 5:1. Ada juga yang mengatakan bahwa ternyata tidak terdapat perbedaan angka kejadian antara laki-laki dan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar