Rabu, 17 Maret 2010

BENTUK SEKOLAH IDEAL BAGI ANAK AUTIS

BENTUK SEKOLAH IDEAL BAGI ANAK AUTIS

Greenspan (1998) dalam bukunya The Child with Special Needs mengungkapkan bahwa untuk memungkinkan anak belajar berinteraksi, penting sekali membaurkan anak berkebutuhan khusus dengan anak lain yang tidak bermasalah.

Guna memungkinkan terjadinya proses belajar yang optimal, adalah ideal bila sekolah tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut:

· Terdapat pendekatan yang mengacu pada tahap perkembangan dan perbedaan individu; yang mendorong terjadinya kemajuan perkembangan dalam hal perhatian yang sama, keterlibatan dan interaksi timbal balik.
· Adanya guru-guru yang tahu bagaimana mengupayakan terjadinya hubungan dengan anak yang mengalami keterlambatan perkembangan.
· Adanya guru-guru yang peka terhadap perbedaan individu dan menghargai strategi tiap anak dalam menenangkan dirinya sendiri.
· Terdiri atas kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh orang dewasa.
· Lingkungan yang menyediakan atau memberikan kesempatan setiap anak memiliki guru pendamping untuk bekerja secara individu dengan anak.
· Kebijakan yang mendorong keterlibatan orang tua dalam proses belajar mengajar secara keseluruhan.
· Keterbukaan akan saran dari orang tua.
· Pengaturan yang membaurkan anak berkebutuhan khusus dengan anak lain yang tidak memiliki kebutuhan khusus.

Karakteristik tersebut di atas tentu sulit diterapkan secara sekaligus dan seketika. Namun, bila memang sekolah didirikan untuk “mendidik” anak… kita perlu mengupayakan agar setidaknya situasi pendidikan di Indonesia mendekati bentuk ideal tersebut sehingga pendidikan tidak diperuntukkan bagi anak yang “sempurna” saja seperti yang terjadi saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar