Jumat, 25 Desember 2009

gangguan tidur

..Gangguan tidur..

Jika kamu pernah mengalami kelelahan akibat perubahan waktu yang cepat, contohya dalam berpergian jauh, maka kamu mengetahui bagaimana rasa terganggunya circadian rhythms kamu. circadian rhythms adalah siklus perubahan fisiologis dan perilaku. Yang berkaitan dengan siklus gelap dan terang di alam, ritme ini diatur oleh jam biologis di otak, yang mungkin memiliki factor turunan. Ritme ini berkerja dalm kondisi yang tidak adanya isyarat eksternal alami. Misalnya kamu berada di dalam ruangan yang tidak berjendela yang kadang-kadang gelap atau kadang-kadang terang.

Manusia sebenarnya dapat menolak adanya circadian rhytms, dengan cara memilih kapan dan seberapa lama mereka akan tidur dengan cara mereka mengatur jam alarm. Biasanya, ketika siklus terang-gelap berubah, jam internalnya akan menyesuaikan diri. Akan tetapi ketika siklus tidurnya terjaga dan kronis meyimpang dari circadian rhytmus, maka kesehatan, keselamatan, dan produktivitasnya biasanya terganggu (vitaterna., 2001).

Efek kesehatanya yang merugikan dapat berupa menjadi tidak sabar, membuat orang menjadi jengkel, lebih cenderung membuat kesalahan. Kekurangan tidur dapat menjadi kondisi mematikan di jalan raya. Contohnya dalam kehidupan sehari-harinya ketika supir sedang mengantuk, dan menyebabkan kecelakan maut. Kekurangan tidur juga dapat menyebabkan penuaan dini (usia muda).

Banyak anak-anak remaja, terutama bagi mereka yang bekerja pada jam-jam luar kebiasaan mereka, contoh pergi tanpa tidur yang cukup. Sedangkan bagi mereka yang bekerja pada malam hari (giliran jaga malam), mereka akan sulit untuk tidur pada siang hari. Dimana pada siang hari aktifitas keluarga sedang berjalan (Monk , 2000). Tidak semua orang memiliki circadian rhytms yang sama. Sebagian orang menyebut diri mereka”orang pagi” atau “orang malam” karena lebih terjaga pada waktu tersebut ketimbang waktu yang lain. Kronobiolog-ilmuan yang mempelajari circadian rhytms-menjuluki mereka dengan “ larks” dan “burung hantu”. Apabila jadwal bekerja ce burung hantu memeksakan untuk bangun pagi dan ce “lark” untuk bergadang, maka masalah akan muncul. (Mc enany & Lee, 2000).

Tidur yang secukupnya dapat meningkatkan keterampilan motorik yang kompleks, sedangkan gangguan tidur dapat merusak pembelajaran verbal, beberapa aspek memori, dan artikulasi pembicaraan (Harrison dan hornem, 1997.) kerusakan tampaknya bersifat selektif, sebagian besar mempengaruhi tugasnya yang monoton.










Sumber: psikologi perkembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar