Jumat, 25 Desember 2009

nyeri lutut dan nyeri punggung bagi kesehatan

NYERI LUTUT DAN NYERI PUNGGUNG BAGI KESEHATAN.

Pendahuluan.

Sebagian orang pernah mengalami nyeri lutut apalagi bagi orang yang melakukan sebuah aktivitas yang cukup padat. Sering kali mereka merasakan sakit dinagian lutut, dan nyeri dibagian punggung.

Nyeri lutut termasuk salah satu keluhan yang sering membawa seseorang pergi ke dokter, di mana kejadiannya semakin meningkat bersamaan dengan meningkatnya aktivitas dan kesadaran akan pentingnya berolah raga. Olah raga memang telah terbukti merupakan komponen penting untuk mencapai kesehatan, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar justru akan menimbulkan keluhan, salah satunya adalah nyeri lutut.

Sakit punggung merupakan suatu gejala dan bukan penyakit. Yang termasuk sakit punggung adalah rasa tidak nyaman yang ringan hingga nyeri menyakitkan yang mengakibatkan cacat. Perbedaan dalam tinggi, berat, dan kekuatan punggung mengakibatkan sebagian orang merasa lebih peka terhadap nyeri punggung dibandingkan lainnya.

Pengertian nyeri lutut.

Nyeri lutut adalah nyeri lutut yang timbul tiba-tiba (beberapa saat sampai beberapa hari yang lalu), biasanya terjadi setelah melakukan aktivitas yang berat seperti loncat, lari , atau setelah mendapat trauma misalnya cedera olah raga dan kecelakaan lalu lintas. Sumber dari rasa nyeri pada lutut akut bisa berasal gangguan struktur anatomi lutut, yaitu ; tulang, tulang rawan, ligamen, otot, tendo, bantalan otot dan bantalan sendi.

Pengertian nyeri pungung.

Nyeri punggung yang terjadi secara spontan dan memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh. Penyebab adalah postur yang tidak ideal (terlalu gemuk/buncit), trauma yang terjadi di daerah punggung atau bokong dan gerak tubuh yang salah, kurang peregangan (senam).

Penyebab nyeri lutut:

1. Pelumas / persendian kurang.
2. Kekurangan asupan kalsium, biasanya 80% wanita. Apalagi wanita kalu yang sudah menyusui, kalsium akan berkurang.
3. Kadar asem urat yang meningkat.
4. Osteoporosis
5. Seseorang yang mengalami obesitas (keberatan tubuh)
6. Olahraga yang berlebihan.
7. Minum ari putih setiap hari.

Penyebab nyeri punggung.

1. Stress.
2. Postur tubuh yang buruk.
3. Kurang Olahraga..
4. Cedera dan ketegangan otot.
5. Osteoarthritis (Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya)
6. Ketegangan otot.
7. Ketegangan pada penguat sendi.
8. Herniasi pada discus (bantalan sendi ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar