Jumat, 04 Oktober 2013

tugas ilmu budaya dasar

A.    TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR.

             1.1  Ilmu budaya dasar sebagai bagian dari MKDU.

-          Menjelaskan pengertian dari MKDU.
Mata kuliah IBD adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai nilai tentang kebudayaan, bermacam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari. Dikatakan bahwa setelah mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki :

§  Minat dan kebiasaan menyelidiki apa apa yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa.
§  Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari.
§  Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
§  Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasakannya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dibenarkannya.
Latar belakang  IBD dalam kontek budaya, negara dan masyarakat Indonesia. Berkaitan dengan permasalahannya sebagai berikut :
§  Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya.
§  Proses pembangunan yang sedang berlangsung terus menerus menimbulkan dampak positif dan dampak negative.
§  Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia.

Latar belakang dibedirikannya IBD selain melihat konteks budaya Indonesia juga sesuai dengan program pendidikan di perguruan tinggi dalam rangka menyempurnakan penbentukan sarjana. Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas :

§  Kemampuan akademis adalah kemampua untuk berkomunikasi secara ilmiah.
§  Kemampuan professional adalah kemajuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
§  Kemampuan personal adalah kemampuan kepribadian dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan.

-          Menyebutkan tujuan MKDU
Ilmu budaya dasar sebagai bagian dari MKDU, secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang :

§  Berjiwa pancasila
§  Taqwa terhadapa Tuhan yang Maha Esa
§  Memiliki wawasan komperhensif
§  Memiliki wawasan budaya yang luas

            1.2  Pengertian Ilmu Budaya Dasar

-          Menjelaskan pengertian Ilmu Budaya Dasar
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharpkan dapat memberikan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan istilah IBD pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa inggris “the humanities”.

-          Membedakan Ilmu Budaya Dasar dengan pengetahuan budaya
Ilmu budaya dasar dalam bahasa inggris disebut basic humanities, pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah menusia dan budaya.

-          Menyebutkan 3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan, Prof Dr. Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu :

§  Ilmu-ilmu alam (natural scince), ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
§  Ilmu-ilmu sosial (sosial science), ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteratuan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
§  Pengetahuan budaya (the humanities), bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang bersifat manusiawi.

          1.3  Tujuan Ilmu Budaya Dasar

-          Menjelaskan masalah budaya dengan benar
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji msalah-masalah manusia dan kebudayaan.

-          Menjelaskan masalah kemanusiaan dengan jelas
Ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan krtitikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam pengetahuan budaya (the humanities).

-          Menjelaskan tujuan Ilmu Budaya Dasar
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu budaya Dasar diharapkan dapat :
§  Mengusakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
§  Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
§  Mengusahakan agar mahasiswa sebgai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sofat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
§  Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
           1.4  Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar

-          Menyebutkan 2 masalah pokok dalam Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD, kedua masalah pokok itu adalah :

§  Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) baik dari segi masing masing keahlian dilam pengetahuan budaya.
§  Hakekat manusia yang satu atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

-          Menyebutkan 8 pokok bahasa Ilmu Budaya Dasar dengan benar
Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, nilai nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
§  Manusia dan cinta kasih
§  Manusia dan keindahan
§  Manusia dan keadilan
§  Manusia dan pandangan hidup
§  Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
§  Manusia dan kegelisahan
§  Manusia dan harapan

Daftar pustaka :

Buku Ilmu Budaya Dasar oleh Widyo Nugroho dan Achmad Muchji diterbitkan oleh Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar